Selasa, April 08, 2008

PilaR TawakaL


Tawakal kepada Allah memiliki beberapa asas, yang mana tawakal berdiri di atasnya. Muhammad bin Abi Imran berkata, "Aku pernah mendengar ada seseorang bertanya kepada Hatim al-Asham," "Ketika kamu bertawakal kepada Allah maka tawakal tersebut kamu landaskan kepada apa?"
Hatim al-Asham menjawab, "Pada empat perkara:
Pertama : Aku tahu bahwa rezekiku tidak akan dimakan orang lain, maka hatiku tenang.
Kedua : Aku tahu bahwa amal ibadahku tidak akan dilakukan oleh orang lain, maka aku
bersungguh-sungguh menjalankannya.
Ketiga : Aku tahu bahwa kematian akan datang kepadaku dengan tiba-tiba, maka aku selalu
mempersiapkannya.
Keempat: Aku tahu bahwa diriku tidak bisa terlepas dari pandangan Allah di manapun aku berada,
maka aku malu kepadaNya."

(DR. MUSTAFA MURAD)

Tidak ada komentar: